Rabu, 22 April 2015

CARA MEMASUKKAN NISN PESERTA DIDIK HASIL VERVAL KEDALAM APLIKASI DAPODIK

Banyak teman-teman operator yang bertanya kenapa NISN pada dapodik masih banyak yang kosong, padahal sudah melakukan vervalpd. Sedangkan mau isi NISN pada data peserta didik di aplikasi dapodik tidak bisa karena data sudah terkunci. Terus langkah apa yang harus ditempuh agar NISN bisa masuk pada aplikasi dapodik ?
Sekedar berbagi pengalaman langkah yang saya lakukan adalah sebagai berikut:
1.        Masuk ke https://sso.data.kemdikbud.go.id/sys/login?appKey=348310F2-0262-4F5D-B7D1-41F92ECDCA93 dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar pada Jaringan Pengelola Data Pendidikan. Pastikan sudah tidak ada data pada residu. Kalau masih ada data pada residu lakukan langkah-langkah verval.
2.    Lakukan konfirmasi data peserta didik.

3.       Pada menu Konfirmasi Data, centang semua daftar peserta didik kemudian klik Menu OK di atasnya. Pada saat keluar dialog Box yang berisi “yakin akan di konfirmasi???” pilih “OK”.
4.       Pastikan semua daftar peserta didik pada menu Konfirmasi Data  benar-benar kosong.

5.       Setelah perubahan data pada server web DAPODIK berhasil, selanjutnya download data prefill sekolah Bapak/Ibu dengan memasukkan KODE AKTIFASI atau NPSN sekolah asing-masing di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/prefill_final/generate_prefill.php
6.       Data prefill dapodik yang telah di download selanjutnya di pindahkan ke lokal data C:\prefill_dapodik
7.       Hapus aplikasi dapodik dari laptop anda, kemudian install ulang aplikasi dapodik V.3.03
8.       Restart laptop anda kemudian buka aplikasi dapodik dan lakukan registrasi.

9.       Selamat mencoba, Semoga berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar